PT. MITRANET SOFTWARE ONLINE

IT Consultant And Software Development
Ruko Perum Griya Karang Indah,
Jalan Gerilya Tengah, Purwokerto - Jawa Tengah
Phone : (0281) 622 789 Fax : (0281) 625 789

(MBS-Online) Micro Banking System Realtime Online Antar Kantor yang dirancang khusus untuk BPR, Koperasi dan LJK Konvensional
1. Q Apa yang dimaksud dengan System Core-Banking MBS Online Realtime Antar Kantor...?  
  A MBS Online Realtime adalah sistem perbankan yang  terintegrasi untuk melakukan aktivitas operasional perbankan konvensional yang terdiri dari modul-modul Inti perbankan serta modul – modul lainnya (Modul Pelaporan Labul BI dan SID BPR) yang selalu disesuaikan dengan regulasi dari Bank Indonesia yang berlaku untuk Industri Perbankan. MBS Online Realtime ini dapat diintegrasikan di berbagai Electronic Distribution Channel system seperti ATM, Internet Banking, Mobile Banking dan EDC Banking. MicroBanking System ini merupakan program core-banking untuk  BPR (Bank Perkreditan Rakyat) yang mendukung online realtime antar kantor dengan databased terpusat, Dengan demikian tdk ada databased di cabang dan tidak ada komputer server di cabang.  
2. Q ApaBedanya dengan aplikasi CoreBanking yang sudah Online tapi tidak realtime (Distribusi)..?  
  A Kata “Online” kadang mengecoh pemahaman sebagian besar pemangku kebijakan di BPR. Online Distribusi memang dapat mengkonsolidasikan transaksi dan neraca BPR yang memiliki banyak kantor dengan tambahan modul konsoldasi, namun tidak dapat mengkonsolidasikannya secara realtime online. Biasanya, pada sistem Online Distribusi, Kantor Pusat dapat melakukan konsolidasi transaksi / neraca RL setelah kantor cabang mengirimkan data tutup buku (and of day) pada sore hari melalui media internet (melalui e-mail atau fasilitas FTP) atau melalui offline yaitu pengiriman data melalui media Flashdisk/CD  ke Kantor Pusat.  
3. Q Apa kelebihan Online Realtime Antar Kantor..?  
  A Dengan Online Realtime, nasabah dapat melakukan transaksi setor, tarik dan transfer antar rekening diseluruh kantor manapun baik pusat maupun cabang setiap saat, dan transaksi tersebut tervalidasi saat itu juga. Kelebihan lainnya Kantor Pusat dapat dengan mudah dan cepat serta akurat dan terkini mengontrol dan mengawasi semua transaksi dan perkembangan seluruh Kantor Cabang maupun kantor kas setiap saat. Seluruh kontrol dan paramater kebijakan bank dapat dengan mudah dikendalikan melalui server, dan bank dapat dengan mudah melakukan pengamanan dan pemeliharaan data bank.  
4. Q Bagaimana proses realtime MBS online ketika terjadi transaksi seperti tarik, setor, cek saldo, transfer antar rekening di seluruh kantor BPR baik di kantor pusat maupun di kantor cabang....?  
  A Proses realtime adalah proses yang meng-update saldo (rekening, neraca dan rugi laba) seketika itu juga ketika terjadi transaksi ,...jika nasabah cabang A melakukan penyetoran tabungan di cabang B, kurang dari 1 menit kemudian, rekening tabungan nasabah di cabang A otomatis secara realtime dan seketika itu juga akan bertambah begitu sebaliknya.  
5. Q Apakah MBS Online dapat di interkoneksikan antar BPR / PD.BPR BKK / PD. BKK...?  
  A Tentu saja bisa, dengan interkoneksi antar BPR, maka nasabah BPR A dapat melakukan transaksi tarik dan setor di BPR B begitu sebaliknya tetapi dengan syarat BPR A maupun BPR B memakai coreBanking MBS Online  
6. Q Modul apa saja yang di sediakan MBS Online Realtime?  
  A MBS menyediakan paket sistem inti perbankan, seperti Tabungan, Deposito, Kredit, Antar Kantor, Antar Bank Aktiva, Antar Bank Pasiva, Inventaris, Jurnal Umum dan General Ledger, serta  dilengkapi dengan layanan Delivery Chanel, seperti smsBanking, EDC Banking, Internet Banking, mobile Banking dan Executif Dasboard  
7. Q Apakah fasilitas MBS dilengkapi dengan laporan BI ( BANK INDONESIA ) ?  
  A Ya, yaitu laporan Bulanan BPR dan laporan SID dengan system Export dan Import ke Aplikasi Lapbul BI dan ke Aplikasi Laporan SID. Request DIN dapat dilakukan setiap saat, Update Form 1 s.d Form 12 dapat dilakukan dengan mudah.  
8. Q Apakah MBS Online Realtime sudah sesuai dengan Pedoman Akuntansi SAK-ETAP / PA BPR thn 2010..?  
  A Ya, Pedoman Akuntansi Bank Perkreditan Rakyat yang di pakai di MBS Online Realtime adalah SAK-ETAP BPR 2010 Berdasar : SE No.12/14/DKBU/ tanggal 01 Juni 2010 Yang Disusun Oleh : TIM Pedoman Akuntansi Bank Perkreditan Rakyat Bank Indonesia ,2010 Tentang : Standar Akuntansi Keuangan Bagi Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK-ETAP) yang telah diberlakukan bagi BPR sejak 1 Januari 2010.  
9. Q Apakab MBS Realtime Online sesuai dengan ketentuan TSI (TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI) yang disyaratkan oleh Bank Indonesia..?  
  A Ya,. MBS Online Realtime Antar Kantor merupakan Teknologi System Informasi (TSI)  yang telah sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia sebagaimana diatur dalam Surat Keputusan Direksi  Bank  Indonesia No. 27/164/KEP/DIR dan Surat Edaran Bank Indonesia No. 27/9/UPPB masing-masing tanggal 31 Maret 1995, diatur prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan manajemen bank dalam TSI baik yang dilakukan oleh bank itu sendiri maupun oleh pihak lain.  
10. Q Apa saja kelebihan lain system MBS online realtime..?  
  A
  • BPR dapat memberikan fasilitas layanan transaksi e-banking (SMS Banking dan Internet Banking) kepada nasabah-nya untuk transaksi internal BPR,
  • Memudahkan BPR untuk melakukan interkoneksi H2H dengan bank umum dalam rangka co-branding karena databased sudah terpusat, dengan demikian nasabah BPR dapat menikmati fasilitas layanan ATM BERSAMA, ALTO, PRIMA
  • BPR akan lebih fokus dalam pengembangan bisnis intinya.
  • Kantor Pusat dapat mengontrol penuh aktivitas transaksi diseluruh kantor cabang / kas
 
11. Q Jaringan Komunikasi Data yang mana yang harus di gunakan BPR untuk implementasi MBS Online Realtime Antar Kantor  
  A Jaringan Komunikasi Data Leased Line, VPN IP / Instan. Bagi kantor cabang yang tidak terdapat jaringan komunikasi data kabel (telpon kabel) dapat menggunakan VSAT dan atau VPN dari Telkomsel / Telkom  
12. Q Bagaimana system pembiayaan-nya agar BPR dapat mengimplementasi System Core-Banking MBS Online Realtime Antar Kantor ?  
  A System Pembiayaan-nya dapat dengan cara Investasi pembelian Tunai (beli Lepas), System Sewa (minimal 36 bln) dan atau system sewa Beli (minimal 60 bln) dan Atau dengan system Kemitraan (mengggunakan mitra pihak BPR untuk menanggung pembiayaan MBS Online Realtime Antar Kantor, misal dari Kumpulan Kolekting Asuransi Kredit) dengan jangka waktu kemitraan minimal 48 bulan dengan syarat dan ketentuan berlaku.  
13. Q Apa saja investasi di BPR dari sisi Perangkat keras / Hardware yang harus di sediakan dalam rangka implementasi MBS Online Realtime Antar Kantor..?  
  A

BPR harus menyediakan dan atau mengadakan Hardware serta peralatan lainya sebagai berikut :

  • Menyediakan satu unit Komputer SERVER built-up yang dilengkapi dengan rack SERVER di Kantor Pusat
  • PC Gateway untuk penghubung antara Sistem Switching dengan Sistem Core Banking BPR di Komputer SERVER.
  • PC  Client minimal Dual Core, RAM minimal 1 Gb (jumlah per kantor Cabang 1.sd 5 client).
  • InsfraStruktur :: Menyediakan UPS minimal 1200va & mesin Diesel (cadangan sumber Listrik Utama), Firewall/Router, hubSwith, RouterBoard dll
  • Menyediakan Line VPN IP / Leased LINE / VSAT / Line Speedy
 
14. Q Bagaimana proses dan tahapan-tahapan yang akan di lakukan oleh PT.MSO dalam mengimplementasikan MBS Online Realtime Antar Kantor di BPR..??  
  A

Proses dan tahapan-tahapan Implementasi MBS Online Realtime Antar Kantor kami gambarkan dengan metoda dan time scedul  implementasi core banking online real-time sebagai berikut  :

 
15. Q Bagaimana metoda pemeliharaan system Core-Banking MBS Online Antar Kantor di lakukan oleh MSO dan bagaimana konsep pembiayaanya?  
  A System pemeliharaan tergantung system pembiayaan yang di investasikan oleh BPR, jika investasi MBS Online Realtime dengan system beli lepas BPR dapat melakukan kontrak pemeliharaan sepanjang waktu yang diinginkan BPR, namun jika sistem sewa dan atau sewa beli, biaya pemeliharaan sudah termasuk di dalam biaya sewa /sewa beli, keduanya sudah termasuk layanan sistem DRC dan biaya transportasi dan akomodasi di tanggung pihak BPR.  
16. Q Bagaimana metoda layanan pendampingan operasional system kepada client / BPR jika terdapat kesalahan data dan atau terjadi system error/crash  
  A Metoda layanan yang di implementasikan oleh PT.MSO adalah dengan metoda layanan online dan mekanisme perbaikan data atau system adalah dengan metoda host to host sehingga BPR tidak harus mendatangkan TIM MSO ke BPR untuk perbaikan data / system kecuali jika terjadi kerusakan hardware / server  
17. Q Dimanakah Database BPR dan Komputer Servernya berada dan dimana letak drc bpr ?  
  A Database Nasabah berada di komputer server kantor pusat dan Komputer Server juga terletak di Kantor Pusat BPR sedangkan DRC BPR sifat nya opsional, BPR dapat membangun sendiri DRC BPR nya atau BPR menitipkan databased backup nya di DRC milik PT.MSO  
18. Q Jika database berada di komputer Kantor Pusat, bagaimana dengan kantor-kantor cabangnya..?  
  A Aplikasi MBS Online Realtime yang berada di kantor cabang hanya berupa aplikasi Antar-Muka (interface) yang di instal di komputer cabang dimana alamat IP dan nama, jenis komputernya di daftarkan di komputer server database di kantor pusat BPR.  
19. Q Jadi transaksi di cabang tergantung server di Kantor Pusat?  
  A Ya. Semua transaksi yang dilakukan di kantor cabang akan di proses di server yang berada di kantor pusat secara otomatis serta realtime (seketika itu juga)  
20. Q Bagaimana Jika catu daya Listrik mati di kantor pusat...?  
  A Kantor pusat harus mempunyai genset otomatis yang akan bekerja secara otomatis jika terjadi gangguan listrik utama (PLN) di kantor pusat. Dengan demikian komputer server di kantor pusat tidak mengalami gangguan operasional dan kantor cabang tetap dapat beroperasi dengan lancar.  
21. Q Bagaimana jika terjadi gangguan total baik di sisi catu daya listrik utama PLN maupun gangguan genset-nya...?  
  A   Komputer server DRC (Disaster Recovery Center) milik PT.MSO yang terletak di rack colocation Cyber Building Lantai 7 (Rack #56), Jl. Kuningan Barat No.8, Jakarta 12710 akan secara otomatis menggantikan tugas Server Utama sementara waktu sampai pulihnya catu daya listrik dan genset di BPR. Proses pengalihan otomatis ini akan berlangsung 1-5 menit.