PT. MITRANET SOFTWARE ONLINE

IT Consultant And Software Development
Ruko Perum Griya Karang Indah,
Jalan Gerilya Tengah, Purwokerto - Jawa Tengah
Phone : (0281) 622 789 Fax : (0281) 625 789

(MBS-Online) Micro Banking System Realtime Online Antar Kantor yang dirancang khusus untuk BPR, Koperasi dan LJK Konvensional

LKP Mitra Profesi Gelar Workshop Mikrotik RouterOS

Post Date 2019-10-28 00:00:00

Purwokerto – Untuk mempercepat penguasaan dan pemahaman terhadap Mikrotik RouterOS dan juga perangkat-perangkat wireless Mikrotik, LKP Mitra Profesi menyelenggarakan Workshop Mikrotik RouterOS pada tanggal 23 – 26 Oktober 2019. Kegiatan ini bertempat di Gedung LKP Mitra Profesi dan diikuti oleh peserta yang berasal dari BPR BKK Jepara, BPR BKK Purbalingga, dan BPR BKK Wonogiri. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para karyawan pada bidang Internet Service Provider, ataupun pada perusahaan yang telah menggunakan jaringan mikrotik, sehingga bisa melakukan pengaturan jaringan secara efektif. Kegiatan ini juga bermaksud memperkaya keterampilan SDM di bidang networking, dan memperbarui keterampilan mereka sesuai perkembangan yang ada.

Gambar 1. Foto pada saat peserta melakukan Instalasi RouterOS

Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah pengguna perangkat jaringan komputer terbesar di dunia di ikuti oleh negara berkembang lainnya seperti Philipina, India dan seterusnya. Mikrotik menjadi pilihan banyak pengguna di negara berkembang karena harganya yang cukup ekonomis dengan fitur lengkap dan handal, sehingga mikrotik bisa difungsikan dengan beragam kebutuhan. Oleh karena itu, kebutuhan akan tenaga ahli yang mampu mengoperasikan perangkat ini semakin meningkat. Untuk dapat menguasai teknologi jaringan komputer seperti merencanakan, membangun, dan melakukan maintenance jaringan komputer maka Workshop Mikrotik RouterOS merupakan salah satu cara dalam menambah pengetahuan peserta di bidang networking.

Kegiatan Workshop Mikrotik RouterOS menggunakan pendekatan praktik, sehingga peserta lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan oleh fasilitator. Pada saat kegiatan berlangsung para peserta terlibat aktif dalam melakukan instalasi dan setting RouterOS, karena para peserta diajarkan bagaimana agar dapat melakukannya dari nol sampai dengan router dapat digunakan. Peserta juga dapat melakukan penanganan jika terjadi kendala misalnya refresh RouterOS apabila router mengalami kendala dengan user dan password. Proses selanjutnya, peserta diajarkan untuk melakukan koneksi ke host yang berbeda dengan jaringan lokal maupun dengan jaringan publik melalui beberapa router yang mana setiap router menggunakan koneksi yang berbeda-beda (Routing).

Setelah peserta mempelajari tentang instalasi RouterOS dan Routing pada hari pertama, pada hari kedua peserta mempelajari tentang VPN dan Firewall. Peserta wokshop langsung melakukan setting koneksi menggunakan VPN baik sebagai server di mana peserta dapat melakukan create user dan password serta IP khusus, sehingga peserta diharapkan dapat mengiplementasikannya pada jaringan di kantor masing-masing. Selanjutnya peserta memperlajari tentang bagaimana cara agar dapat melakukan pemblokiran akses-akses alamat website tertentu dan dapat juga melakukan pemblokiran port virus jaringan sehingga jaringan local lebih aman.

Gambar 2. Foto pada saat fasilitator menjelaskan tentang penggunaan bandwidth

Pada hari terakhir, peserta dilatih untuk melakukan pembatasan-pembatasan akses dari salah satu atau beberapa komputer baik menggunakan simple queue ataupun menggunakan tree queue. Dengan pembatasan ini, penggunaan bandwidth dapat lebih terkontrol dan dapat meminimalisir terjadinya bandwidth overload. Sebagai materi penutup peserta diajarkan bagaimana melakukan setup hotspot, seperti melakukan setup hotspot server, membuat profile hotspot, membuat user hotspot, melakukan bypass akses kejaringan hotspot.

Sudah menjadi kewajiban bagi perusahaan untuk dapat mengelola aset dan mengembangkannya sesuai dengan tujuan bisnisnya. Salah satu aset yang sangat penting bagi perusahaan adalah SDM sehingga pengelolaan dan pengembangan kualitas SDM perusahaan adalah sesuatu yang sangat diperlukan. Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk tujuan pengembangan SDM ini adalah dengan memberikan training karyawan sesuai kebutuhan.

Pada sebagian besar perusahaan, pelatihan atau training karyawan biasanya sudah menjadi salah satu budaya, bahkan menjadi agenda yang rutin dan wajib. Pembekalam bagi karyawan bisa dilakukan secara langsung oleh HR perusahaan, atau bisa juga bekerja sama dengan para ahli atau lembaga yang kompeten dari luar perusahaan. Berdasarkan hal tersebut, LKP Mitra Profesi menyelenggarakan Workshop Mikrotik RouterOS untuk memenuhi kebutuhan para karyawan di suatu perusahaan pada bidang Internet Service Provider.